Cara Ganti Background Foto Dengan Mudah

Cara Ganti Background Foto Dengan Mudah

Mengganti background warna pada gambar atau dokumen adalah langkah yang sering dilakukan untuk memberikan sentuhan kreatif atau memenuhi kebutuhan desain tertentu. Artikel ini akan menjelaskan kepada kalian cara ganti background warna biru dengan mudah menggunakan aplikasi pengeditan gambar populer, seperti Adobe Photoshop dan GIMP (GNU Image Manipulation Program).

Cara Ganti Background Warna Biru dengan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengeditan gambar yang populer dan powerful. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti background warna biru dengan mudah menggunakan Photoshop:

1. Buka Gambar dengan Background Warna Biru

Pertama, buka gambar yang ingin Anda edit di Photoshop. Pastikan gambar memiliki background warna biru yang ingin Anda ganti.

2. Pilih Alat “Magic Wand”

Di panel alat Photoshop, pilih alat “Magic Wand” atau tekan tombol “W” pada keyboard untuk mengaktifkannya.

3. Atur Toleransi Pilihan

Di atas jendela Photoshop, atur nilai toleransi pilihan sesuai kebutuhan. Nilai yang lebih tinggi akan memilih area yang lebih beragam dalam warna, sementara nilai yang lebih rendah akan memilih area yang lebih serupa dalam warna.

4. Klik pada Background Warna Biru

Klik pada area background warna biru dengan menggunakan alat “Magic Wand”. Photoshop akan otomatis memilih area berdasarkan warna yang mirip dengan area yang Anda klik.

5. Perluas Pilihan

Gunakan opsi “Add to Selection” di atas jendela Photoshop untuk memperluas pilihan jika ada bagian background warna biru yang belum terpilih.

6. Hapus Background Warna Biru

Setelah pilihan background warna biru sudah tepat, tekan tombol “Delete” pada keyboard. Background warna biru akan terhapus, dan Anda akan melihat latar belakang transparan pada area yang sebelumnya berwarna biru.

7. Ganti Background

Tambahkan lapisan baru dengan warna atau gambar yang ingin Anda jadikan sebagai background baru. Geser lapisan ini di bawah lapisan gambar yang sudah dihapus backgroundnya.

8. Simpan Hasil

Setelah puas dengan hasilnya, simpan gambar dengan mengklik “File” dan “Save As” untuk menyimpan gambar dalam format yang Anda inginkan.

Cara Ganti Background Warna Biru dengan GIMP

GIMP adalah aplikasi pengeditan gambar open-source dan gratis yang memiliki fitur mirip dengan Photoshop. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti background warna biru dengan mudah menggunakan GIMP:

1. Buka Gambar dengan Background Warna Biru

Buka gambar yang ingin Anda edit di GIMP. Pastikan gambar memiliki background warna biru yang ingin Anda ganti.

2. Pilih Alat “Fuzzy Select”

Pilih alat “Fuzzy Select” atau tekan tombol “U” pada keyboard untuk mengaktifkannya.

3. Atur Ambang Warna

Di bagian atas jendela GIMP, atur ambang warna (threshold) sesuai kebutuhan. Ambang warna yang lebih tinggi akan memilih area yang lebih beragam dalam warna, sementara ambang warna yang lebih rendah akan memilih area yang lebih serupa dalam warna.

4. Klik pada Background Warna Biru

Klik pada area background warna biru dengan menggunakan alat “Fuzzy Select”. GIMP akan otomatis memilih area berdasarkan warna yang mirip dengan area yang Anda klik.

5. Perluas Pilihan

Gunakan opsi “Add to Selection” di bagian atas jendela GIMP untuk memperluas pilihan jika ada bagian background warna biru yang belum terpilih.

6. Hapus Background Warna Biru

Setelah pilihan background warna biru sudah tepat, tekan tombol “Delete” pada keyboard. Background warna biru akan terhapus, dan kemudian¬† Anda akan melihat latar belakang transparan pada area yang sebelumnya berwarna biru.

7. Ganti Background

Lalu tambahkan lapisan baru dengan warna atau gambar yang ingin Anda jadikan sebagai background baru.Kemudian Geser lapisan ini di bawah lapisan gambar yang sudah dihapus backgroundnya.

8. Simpan Hasil

Setelah kamu puas dengan hasilnya,cukup simpan gambar dengan mengklik “File” dan “Export As” untuk menyimpan gambar dalam format yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Mengganti background warna biru pada gambar tidaklah sulit, terutama jika Anda menggunakan aplikasi pengeditan gambar seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Ikuti langkah-langkah di atas dengan seksama, dan Anda akan berhasil mengganti background dengan mudah sesuai dengan kreativitas dan kebutuhan desain Anda.

You May Also Like

About the Author: administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *